Friday, November 19, 2010

Tips Beli Die Cast

Beli die cast sebenernya gampang-gampang susah. Gimana caranya?

Pengen koleksi die cast? Bisa saja! Tapi, ingat sebelum memulai koleksi, kita harus tau dulu tips dan triknya. Apalagi buat kalian yang belum paham benar dengan salah satu jenis mainan mobil ini. Nah, biar enggak salah beli, berikut beberapa tipsnya!

1. Beli Karena Kamu Suka

Mau beli die cast, kamu harus yakin kalo kamu suka dengan model die cast yang kamu cari. Bukan semata harganya murah, tergiur diskon, atau sekedar punya. Sementara dalam hati kamu enggak suka. Ya, bisa saja tuh die cast akan terlantar nantinya.

2. Pelajari kemasannya

Jika sudah siap mencari model die cast kesukaanmu mulailah cari die cast di toko mainan maupun toko hobi yang menjual die cast. Agar mudah mencarinya, kenali bungkus atau kemasan die cast tersebut. Misalnya, Hot Wheels biasanya didominasi warna biru, Majorette warna orange, dan Maisto berwarna merah, sedangkan Tommy kemasan kotak kecil berwarna merah-putih.

3. Desain Kemasan

Selain warna, lihat juga desain kemasan. Karena itu menggambarkan die cast yang akan kamu beli. Pada kemasan Hot Wheels, ada gambar die castnya itu sendiri dengan ukuran cukup besar. Sedangkan pada Majorette, desain kemasan biasanya mengikuti die cast yang dijual, misalnya model Pinder ada nuansa sirkus pada kemasannya. Atau model Racing, desainnya bernuansa balap, baik itu dari jenis huruf maupun warnanya.

4. Intip Kodenya

Mencari model die cast juga bisa melihat dari kode yang ada di dalam kemasan. Contohnya Tomy, kita bisa melihat kode angka yang ada di setiap sisi kemasan. Misalnya No. 34 untuk Mistsubishi Evolution, atau nomor 69 untuk Mitsubishi Pajero. Tentu saja nomor itu bisa kita lihat dari website resmi, forum kolektor, dan lainnya. Ya, sebelum memburu die cast, ada baiknya kita gali informasi tentang die cast yang kita cari sebanyak mungkin.

5. Rawat Die cast Sebaiknya Mungkin

Jika sudah mendapatkan die cast yang kita punya, ya kudu dirawat sebaik-baiknya. Rajin dibersihkan. Termasuk kemasannya! Ini berguna jika suau saat koleksi die cast kita akan dijual-belikan atau arter. Lagipula, dengan mengamankan die cast berikut kemasannya, die cast favorit kita enggak bakal rusak alias tetap aman.

No comments:

Post a Comment