Saturday, January 30, 2010

Track Set

Balapan Pakai Die-Cast, Yuk!

Suka balapan? Balapan die-cast di track set, yuk!

Buat yang demen sama die-cast kayaknya enggak mungkin deh kalau enggak kenal sama yang namanya track set. Soalnya berkat adanya track set ini, kita bisa balapan die-cast. Alhasil main die-cast pun jadi lebih seru!

Track set pada dasarnya adalah lintasan atau trek untuk meluncurkan mobil-mobilan die-cast. Bagian utama dari track set adalah lintasan alias treknya. Biasanya terbuat dari plastik, bisa lintasan tunggal atau lintasan kembar tergantung model track set-nya. Di sinilah nanti mobil-mobilan die-cast akan meluncur. Nah, karena bisa bisa meluncur dengan kencang, makanya track set memang rasanya pas buat balapan. Berbeda dari play set yang hanya untuk bermain role-play atau pura-pura menjadi sesuatu (sesuai dengan tema play set-nya).

Ada beberapa model track set. Yang paling sederhana adalah yang memanfaatkan gravitasi untuk meluncurkan die-cast-nya. Die-cast diluncurkan dari ujung trek yang tinggi agar dapat meluncur terus ke bawah. Ada juga yang menggunakan pelontar bertenaga karet. Paling canggih adalah trek yang pelontarnya berbentuk ban karet berputar di dua sisi trek di sebuah titik. Pelontar ini bertenaga batere. Die-cast yang melaluinya akan terlontar seiring dengan putaran ban karet ini.

Bentuk track set sendiri bermacam-macam. Ada yang hanya lurus, ada variasi tikungan, ada tanjakan, loop, dan sebagainya. Supaya menarik, track set seringkali punya berbagai hiasan tergantung temanya. Ada suasana hutan, dinosaurus, hiu dan lain-lain. Besarnya trek juga sangat bervariasi tergantung panjangnya trek dan variasi fitur. Asiknya, sekarang banyak track set semerek yang bisa disambung-sambung dengan track set lain. Misalnya, Hot Wheels Three Trick Set. Pokoknya track set jaman sekarang makin bervariasi jadi makin seru mainnya.

No comments:

Post a Comment