Tuesday, November 3, 2009

Blister, Mint, Super Mint / Rare dalam Die-Cast


Blister
Blister adalah sebuah bentuk kemasan dalam penjualan sebuah diecast, dimana kemasan tersebut terdiri dari plastik bening dan kertas karton (card) yang di segel (heat seal coating), dimana dalam kemasan blister umumnya terdapat lubang yang memungkinkan diecast tersebut digantung. Contohnya adalah kemasan Hot Wheels.

Mint
Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa (seperti baru), namun tanpa kemasannya. Biasanya bekas pajangan, bukan bekas dimainkan.

Super Mint / Rare
Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa sekali (seperti baru) serta berada dalam kemasannya. Karena die-cast yang super mint susah didapat, sering juga disebut rare. Rare beda istilah dengan rare (langka) di Hot Wheels, misalnya Hotwheels Super Treasure Hunt. Rare-nya Hot Wheels karena memang dibuat dalam jumlah terbatas (sedikit).

Chip
Istilah ini dipakai untuk noda atau goresan berbentuk titik (bocel) pada mobil die-cast.

Scratch
Istilah ini dipakai untuk goresan berbentuk garis pada cat mobil die-cast.

Akrilik
Sejenis plastik/fiber berwarna bening biasanya dipakai untuk membuat rak die-cast. Atau ada juga die-cast yang dikemas menggunakan kotak akrilik supaya kelihatan lebih eksklusif. Contohnya Saico Street Tuner.

No comments:

Post a Comment