Tuesday, November 17, 2009

Tips Trading Die Cast


Ikutan Swap Meet

Selain ngincer di toko, kita juga bisa dapetin die cast dengan cara trading.

Trading alias tukar-tukaran (barter) bisa dilakukan dengan sesama penggemar die cast di internet, atau bisa juga bertemu langsung dengan komunitasnya. Bertemu langsung biasanya terjadi kalau kita satu kota atau sekolah. Ini beberapa tipsnya.

• Sebaiknya barter die cast dengan nilai atau harga yang sama atau kisarannya sama. Misalnya kisaran harganya sama-sama Rp. 50 ribuan meski model atau variannya berbeda. Makanya kita mesti ngecek dulu nilai die cast kita dan die cast yang akan kita tukar. Nanyanya bisa ke komunitas-komunitas, forum atau mailing list die cast. Ini untuk menghindari adanya kekecewaan di salah satu pihak.

• Kita harus jujur dalam tukar-menukar ini. Kalau ternyata kondisi die cast kita sudah pernah dibuka dari boksnya, ya harus dibilang sudah dibuka. Jangan sampai kita enggak memberitahu sebelumnya atau malah ngakalin dengan mengelem kemasannya lagi. Sekali ketahuan bohong, orang akan kapok trading die cast dengan kita lagi.

• Kalau menginginkan kita mendapat tukeran die cast dalam kondisi yang baik atau mulus, kita harus menyiapkan die cast yang akan kita tukar dalam kondisi yang layak pula. Jangan sampai kita mengharapkan ada yang mau nuker die cast mulusnya dengan die cast buluk punya kita.

• Lihat dengan cermat kondisi die cast yang ditawarkan untuk ditukar dengan die cast kita. Jangan segan-segan cek ulang. Misalnya kerapihan bungkusnya (kalau masih dikemas), kondisi cat, ban, kelengkapan aksesorisnya (seperti spion atau bemper). Kalau kondisinya enggak sesuai harapan, lebih baik dibatalkan saja.

• Jika tukar menukar koleksi (trading) dengan seseorang yang belum kita kenal, kita harus buka mata buka telinga. Kita harus tahu reputasi orang yang akan diajak untuk tukar menukar. Kalau perlu, tanya teman atau orang terdekat dia. Ini menghindari kita dari penipuan atau kekecewaan. Tapi lebih praktis dan lebih baik ketemuan langsung dengan orang yang mau barter. Kalau cuma ngelihat gambar atau foto die cast lewat internet, masih ada kemungkinan enggak sesuai harapan.

• Saat-saat yang baik untuk melakukan barter bisa dengan menghadiri acara SM (swap meet). Acara ini biasanya digelar komunitas tomoci@yahoogroups.com di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Yogya, dan kota lainnya. Di sini tempat ngumpul para kolektor dan pasti ada yang mau barter. Kalaupun enggak dapat barteran, minimal kita jadi banyak kenalan dan bisa cuci mata ngelihat die cast yang keren-keren sambil nambah pengetahuan tentang die cast dari kolektor lain.

No comments:

Post a Comment