Thursday, November 12, 2009

Matchbox, Kolaborasi 2 Sekawan


Pembuat die cast Matchbox awalnya tidak tahu mau bikin apa.

Matchbox lahir berkat jasa dua teman satu sekolah, Leslie Smith dan Rodney Smith. Meski nama belakang sama-sama Smith, tapi keduanya enggak ada hubungan keluarga. Ketika membentuk perusahaan pada 19 Januari 1947, mereka enggak tahu mau bikin perusahaan apa. Dengan modal 600 pounds, mereka membeli mesin pembuat die cast (logam tuang). Pabrik pertama mereka di Edmonton, London. Selain itu bergabung rekan yang lain John W “Jack” Odell.

Matchbox mulai dipakai sebagai merek dagang tahun 1953. Ceritanya kenapa pakai nama Matchbox ternyata seru juga. Jack Odell sedang mendesain mainan dengan mengingat putrinya. Soalnya di sekolah putrinya ada peraturan cuma boleh bawa mainan yang bisa dimasukin ke kotak korek api. Merasa tertantang, Jack Odell berhasil membuat mainan yang bisa masuk kotak korek api. Itulah awal nama Matchbox.

Perusahaan Matchbox pernah sukses dan bangkrut. Tahun 1982, Matchbox bangkrut dan akhirnya dibeli Universal Toys dan Mr. David Yeh. Tahun 1992, Matchbox dijual lagi ke Tyco Toys. Karena Tyco Toys bergabung ke Mattel, otomatis Matchbox juga berada di bawah mattel yang juga memproduksi Hot Wheels. Matchbox banyak mengubah model dan skala setelah bergabung dengan Mattel.

Ciri Khas Matchbox :
Ukuran Matchbox dikenal sebagai ukuran standar semua die cast mobil. Makanya dulu semua die cast disebut Matrchbox. Kebanyakan Matchbox di buat dalam dua ukuran, model regular skala 1:64 dan model king size skala 1:43.

No comments:

Post a Comment