Thursday, November 5, 2009

Die Cast, Antara Kolektor, Pedagang, dan Iseng-iseng


Kali ini saya akan menjelaskan pandangan saya terhadap kolektor, pedagang, dan orang yang hanya sekedar iseng dalam kaitannya dengan hobi mengoleksi diecast.

Saya mulai dari orang yang hanya sekedar iseng dalam membeli diecast. Saya katakan hanya sekedar iseng karena memang tidak ada tujuan untuk mengoleksi diecast. Bisa saja diecast yang dibelinya hanya berfungsi sebagai pajangan di meja kerja, di dashboard mobil (bayangkan, kolektor mana yang tega membiarkan koleksinya kepanasan terkena sinar matahari langsung) ataupun beli karena hanya sekedar suka dengan bentuk diecastnya atau bisa juga untuk melepaskan kejenuhan sementara dari hobi mengoleksi figure misalnya.

Kedua adalah pedagang, yaitu orang yang jeli dalam menaksir harga sebuah diecast dan mampu meramalkan harga diecast tersebut di masa mendatang. Pedagang merupakan orang yang profit oriented dalam mengumpulkan diecast. Dan biasanya diecast yang dikumpulkan bernilai investasi tinggi. Mereka tidak mempedulikan apakah mereka menyukai model diecast yang mereka beli atau tidak selama diecast tersebut dapat memberikan keuntungan di masa mendatang. Mereka juga tidak segan-segan untuk menjual koleksi mereka asalkan mendapat untung meskipun koleksi yang mereka jual bisa jadi koleksi favorit mereka yang didapatkan dengan penuh perjuangan.

Dan yang terakhir adalah kolektor. Pada awalnya saya percaya bahwa koleksi diecast seorang kolektor adalah diecast-diecast merek premium saja. Mereka rela membayar lebih uhtuk mendapatkan diecast berkualitas tinggi dan berdetail akurat alih-alih mengumpulkan diecast pasaran. Dengan sikap penganut paham elit terhadap anggaran bagi model-model diecast mereka, beberapa kolektor lebih memilih sebuah model premium daripada model dengan detail rendah dan penurunan kualitas. mudahnya, saya percaya bahwa untuk menjadi 
kolektor anda harus membeli model-model premium saja.
Tetapi saat ini saya mendapatkan pemahaman yang lebih baik untuk mendefinisikan kolektor diecast. Hal ini tidak berhubungan dengan siapa yang mempunyai koleksi diecast paling banyak, tidak juga dengan siapa yang paling banyak menghabiskan uang untuk seluruh koleksinya. Tapi hal ini berhubungan dengan kebahagiaan yang kita dapatkan dari tiap diecast yang kita miliki. Mulai dari membersihkannya dari debu setiap hari, menggosoknya hingga mengkilap sewaktu-waktu, mengagumi bentuk diecast yang kita miliki, ilmu yang kita dapatkan dari koleksi kita, dan yang penting mendapatkan teman baru lewat perantara hobi kita. Satu lagi hal yang penting yaitu seorang kolektor sejati dapat menikmati koleksinya sekalipun hanya terdiri dari diecast pasaran sebagaimana jika koleksinya terdiri dari diecast premium.

Itulah sekilas gambaran tentang ketiga peran di atas. Terkadang ada juga orang-orang yang masuk ke beberapa peran sekaligus seperti kolektor dan pedagang. Hal itu tidak masalah selama kita mendapatkan kebahagiaan dari diecast kita.

Selamat berburu diecast selanjutnya.

No comments:

Post a Comment