Friday, November 13, 2009

Jada Toys, Modifikasi Kelas Berat

Ogah bikin die cast mobil standar yang membuat Jada Toys jadi disukai.

Begitu muncul dengan model-model die cast yang sudah dimodifikasi habis-habisan, membuat Jada Toys mendapat sambutan dari penggemar die cast dari seluruh dunia. Boleh dibilang sekarang Jada Toys jadi sumber inspirasi modifikasi mobil beneran. Sebenarnya merk ini belum lama muncul di dunia die cast, tepatnya baru pada tahun 1999. Tapi dengan cepat Jada Toys menarik perhatian.

Kalau pabrikan die cast lain membuat dengan patokan mobil betulan dalam keadaan standar, Jada Toys justru menampilkan die cast seperti mobil yang sudah dimodifikasi berat. Hal ini nampak pada seri Dub City yang pertama kali dirilis tahun 2002. Dub City menampilkan permainan cat, pelek gede mengkilat, ceper, serta bagasi dan interior penuh peralatan audio. Tentu saja, detailnya juga diperhatikan.

Berkat strategi itu, perusahaan yang didirikan oleh suami istri Jack dan May Li serta berpusat di California, Amerika, ini berhasil meraup keuntungan 200 persen dari jumlah pendapatan rata-rata perusahaan sejak 9 tahun terakhir.

Penjualan die cast bikinan Jada Toys juga bukan hanya populer di Amerika, tapi juga merambah pasar Eropa, Rusia, Afrika Selatan, Asia Pasifik, dan Amerika Latin. Mungkin hal ini terjadi karena Jada Toys membuat banyak kategori untuk produknya. Ada yang modelnya mobil Amerika, mobil Jepang, VW, dan lain-lain serta dibuat dalam berbagai macam ukuran (skala) yang lumayan lengkap.

Walaupun bentuk mobil yang ditampilkan oleh Jada Toys bisa dibilang modifikasi kelas berat dan enggak ada model standar, namun sebenarnya ini bukan modifikasi yang asal. Gaya modifikasi yang dilakukan Jada Toys memang terinspirasi dari modifikasi mobil beneran yang tren. Malah akhirnya die cast keluaran Jada toys justru bisa menginspirasi orang untuk memodifikasi mobilnya.

Jada Toys juga agresif untuk produk di luar die cast. Misalnya membuat R/C, action figure Chub City, bahkan juga bekerja sama dengan Activision untuk membuat Guitar Hero Air Guitar.

Ciri Khas Jada Toys :

Modifikasi kelas berat. Cat keren, ceper, pelek besar, full audio.

No comments:

Post a Comment