Thursday, November 12, 2009

Majorette, Dominan Model Perancis


Enggak lupa asal-usul, Majorette setia membuat die-cast mobil Perancis.

Kenal dong sama Majorette? Pembuat die cast dari Perancis ini sudah lama eksis di dunia die cast. Walaupun sekarang sudah enggak diproduksi di Perancis lagi, tapi sampai sekarang masih banyak membuat die cast mobil Perancis seperti di awal kemunculannya.

Majorette sebenarnya bukan pemain baru di dunia die cast. Malah Majorette sudah berdiri sejak tahun 1961. Majorette di dirikan di Perancis oleh Emile Veron dan menjadi pabrik mainan pertama di Perancis yang membuat mobil-mobilan die cast. Sejak awal, Majorette sudah berkonsentrasi membuat die cast skala 1:64.

Pada awal kemunculannya, Majorette masih diproduksi di Perancis. Selain membuat die cast mobil-mobil Perancis dan Eropa lainnya, Majorette juga membuat die cast mobil-mobil Amerika serta mobil Jepang. Soalnya, selain di produksi dan dipasarkan di Perancis, sejak awal Majorette juga dipasarkan untuk ekspor. Makanya tahun 1982 Majorette sampai membuat cabang di Amerika .

Ngomongin soal mobil-mobilnya di era 1970-an, Majorette sangat dihormati karena kepiawaiannya membuat die cast yang sangat detail. Misalnya lampu depan terbuat dari plastik sehingga mirip aslinya. Lampu belakang jika enggak terbuat dari plastik, dicetak langsung pada bodi logamnya.

Bahkan sampai bagian pelat nomor dibuat sedetail mungkin. Lalu bagian pintu bukan hany bisa dibuka, namun bisa ditutup secara empuk karena dilengkapi per. Bagian roda juga dilengkapi per. Bagian bodi dan las semuanya dari logam sehingga mantap dan kokoh.

Detail ini tetap dipertahankan sampai era 1980-an. Namun era ini juga ditandai dengan tren yang berkembang pada saat itu, yaitu warna cat yang terang dan sablon tulisan besar-besar. Pada beberapa model, juga dilengkapi dengan ban besar atau bodi digembungkan. Tahun 1980 Majorette juga membeli Solido perusahaan die cast lain dari Perancis.

Memasuki era 1990-an, produksi dipindahkan ke Thailand seiring kesulitan keuangan yang dialami Majorette. Demi efisiensi, beberapa detail seperti lampu yang terbuat dari plastik, fitur kayak pintu yang dilengkapi per dihilangkan. Bagian bawah mobil juga dibuat dari plastik dan per roda ditiadakan. Namun sekarang variannya lebih beragam.

Ciri Khas Majorette :
Walaupun sudah tidak dibuat di Perancis, tetap banyak mebuat die cast model mobil Perancis.

No comments:

Post a Comment