Friday, November 13, 2009

Tomica, Makin Detil, Makin Disukai

Tomica punya ribuan jenis koleksi. Seperti apa ciri khasnya?

Tomica boleh dibilang rajanya die cast. Mobil mini bikinan Jepang ini tersedia berbagai macam varian dan jenis. Seperti apa sih sejarahnya Tomica, apa juga ciri khas dan koleksi yang populer dari die cast bikinan pabrik yang berdiri di Jepang ini.

Sejarah Tomica

Tomica merupakan merk die cast yang cukup populer di dunia. Berasal dari Jepang, merk ini diproduksi perusahaan mainan terkenal bernama Takara Tomy alias Tomy Co. Harap diingat, Tomica yang dibikin Tomy berbeda dengan Tomica World yang merupakan merk untuk mainan kereta bermesin. Dulu Tomica World itu namanya Plarail, mulai beroperasi sejak 1959. Kini Tomica World lebih dikenal dengan produknya bernama Thomas & Friends.

Nah, die cast Tomica pertama kali dibuat tahun 1970. Sebelum memproduksi die cast dengan berbagai model dan skala, Tomica hanya dibuat untuk model yang disebut 3 inci.

Ciri Khas Tomica

Sebenarnya hampir semua die cast memiliki ciri khas, entah itu dari bentuk, jenis, maupun skala yang dijual di pasaran. Nah, Tomica sendiri punya ciri khas dengan menampilkan replika mobil buatan Jepang, dari jaman dulu sampai yang paling baru. Die cast ini juga dibikin semirip dan sedetail mungkin, mulai warna, desain, sampai bentuknya.

Perusahaan yang berdiri tahun 1970 ini memproduksi Tomica dalam kemasan kotak hitam yang disebut Seri Domestik, soalnya replika mobil yang dibuat memang terinspirasi dari mobil-mobil buatan Jepang sendiri.

Tahun 1974, Tomica melebarkan sayap penjualannya ke Amerika. Untuk itu dibuatkanlah Seri Asing, dengan ciri khas kotak bernuansa biru-putih bernama Pocket Cars. Biar lebih menarik, pada tahun 1976 koleksi mobilnya pun ditambah dengan meniru mobil-mobil buatan Jerman, Inggris, Amerika, Italia dan Perancis. Tapi pada 1988, Tomica menggabungkan kedua seri tersebut dengan nama yang baru, yaitu Tomica Reguler, yang berciri khas kotak merah-putih. 

Selanjutnya, die cast Tomica makin disukai. Seri-seri baru pun dibuat, dengan beragam skala dan jenis kendaraannya. Bukan cuma mobil, tapi juga truk, kereta, bahkan kendaraan proyek. Sampai saat ini, sudah ribuan jenis mobil yang dibuat Tomica. Boleh jadi salah satunya ada di kamar kamu.

Koleksi Terkenal

Tomica termasuk merk die cast yang paling banyak varian-nya. Mulai Tomica Reguler yang terdiri dari deri Domestik, Asing, maupun reguler itu sendiri. Masing-masing memiliki ciri khas pada kotak kemasannya. Misalnya Tomica seri Domestik kotaknya berwarna hitam, sedangkan Tomica seri Asing warnanya biru-putih. Sementara yang Tomica seri Reguler berwarna merah-putih. Nah, Tomica seri terakhir itulah yang sampai sekarang masih banyak dijual dan diburu para kolektor die cast.

Selain varian tadi, masih ada lagi Tomica Limited Series, yang diproduksi sejak 2001 dengan bentuk yang lebih detail. Terus ada juga Limited S Series dengan skala yang lebih besar (1:43), dengan fitur yang menarik seperti pintunya bisa dibuka, termasuk kap mesin dan bagasi. Sementara untuk varian dengan bentuk yang lebih panjang dinamakan Tomica Long, contohnya bus dan truk semi trailer. Seri ini dicari kolektor karena bentuknya menarik, dilengkapi fitur tambahan tadi, serta tentu saja jumlahnya terbatas. Makin langka jenisnya, makin dicari orang, lho.

Masih ada lagi koleksi Tomica yang cukup populer, yaitu varian karakter, misalanya Tomica Disney yang menampilkan karakter-karakter yang dipopulerkan lewat serial kartun maupun animasi Walt Disney, seperti Disney Motors, Wall-E, dan lainnya. Atau Tomica Ben dengan karakter Thomas and Friends. Varian karakter ini jenis mobilnya memang dibuat dengan bentuk grafis karakter yang dijual tersebut.

No comments:

Post a Comment